Manajemen pemasaran (marketing management) berasal dari dua kata, yaitu Manajemen dan Pemasaran. Kedua istilah itu sebenarnya dua ilmu yang berbeda, kemudian digabungkan dalam satu kegiatan. Artinya, fungsi-fungsi yang ada dalam kedua ilmu tersebut digabung dalam bentuk sebuah kerja sama. Menurut William J. Stanton, definisi manajemen pemasaran ini bila diimplementasikan berarti kegiatan pemasa…
Buku Manajemen Sumber Daya Manusia ini terdiri atas sebelas bab, cakupan materi yang dibahas meliputi kerangka kerja MSDM, Perencanaan SDM, Pengembangan dan Pemberdayaan SDM, Pemberdayaan Melalui Pelatihan, Manajemen Karir, Promosi dan Pengembangan Karir, Penilaian Prestasi Kerja, Kompensasi dan Kepuasan Kerja, Hubungan Serikat Pekerja dengan perusahaan dan masalah pemberhentian, Audit dan Rise…
Buku Saku ‘Keselamatan dari Kebakaran di Tempat Kerja’ ini dirancang untuk memberi pengusaha, manajer, pekerja dan organisasi pemerintah informasi kunci tentang risiko sangat parah yang ditimbulkan oleh kebakaran di tempat kerja, serta pencegahan dan pengendaliannya. Di antara rekor dunia kecelakaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) paling parah, korban tewas dalam kebakaran pabrik mend…
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses penmafaatan sumberdaya manusia dan sumber-sumber daya lainya secara efektif dan efesien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Manajemen ini terdiri dari enam unsur yaitu: men, money, methode, materials, machines, dan market. Unsur men(manusia) ini berkembang menjadi suatu bidang ilmu manajemen yang disebut manajemen sumber daya manusia atau disingk…
Buku Analisa Keuangan dan Manajemen (FAM) ini disusun oleh Tim Ahli JICA dari Proyek Kerjasama Teknis JICA yang merupakan Program Penguatan COE (Center of Excellence) untuk PDAM. Program COE telah dimulai sejak tahun 2012 oleh Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, untuk memenuhi kebutuhan dari pengembangan kemampuan Staf PDAM. Dala…
Investasi adalah menempatkan dana dengan harapan memperoleh tambahan uang atau keuntungan tersebut. Investasi pada hakikatnya merupakan penempatan sejumlah dana pada saat ini dengan harapan untuk memperoleh keuntungan dimasa mendatang. Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa investasi saham adalah penyaluran sumber dana yang ada sekarang dengan mengharapkan keuntungan dimasa mendatan…
Buku ini adalah buku yang mengulas tentang ilmu metodologi penelitian yang cukup lengkap. Buku ini juga sebagai buku ajar untuk mata kuliah Metodologi Penelitian di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, khususnya di Jurusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika dan Magister Manajemen. Di dalam buku ini, selain diulas teori mengenai metode penelitian, juga diberikan contoh-contoh kongkrit dari …
Buku ini berisi penjelasan semua pihak yang bertanggung jawab terhadap sebuah sistem informasi yang dikomputerisasikan di dalam perusahaan misalnya pemilik sistem, manager, pemakai akhir, pengembang sistem, advisor atau auditor. Dengan kata lain buku ini dimaksud untuk menerangkan kepada semua tingkat pemakai bahwa bekerja dengan sistem informasi berbasis komputer di satu sisi akan mempermudah …
Social media is at the core of digital transformations in organizations. Facebook, Twitter, LinkedIn, and other social media platforms widen the scope for rapid and effective communication with stakeholders. They also create a range of new and challenging ethical dilemmas. This open access book categorizes the dilemmas organizations across a range of industries can face when they implement soci…
Against the backdrop of growing anti-globalisation sentiments and increasing fragmentation of the production process across countries, this book addresses how the Indonesian economy should respond and how Indonesia should shape its trade and industrial policies in this new world trade environment. The book introduces evaluation not on tariffs but on new trade instruments such as non-tariff meas…