Pada hakikatnya, moderasi beragama adalah pendekatan atau sikap yang menekankan pemahaman, toleransi, dan keseimbangan dalam menjalankan praktik keagamaan. Secara etimologi, moderasi adalah istilah dari bahasa Latin, yakni moderatio yang merujuk pada keadaan sedang yang merupakan kondisi di antara keadaan berlebihan atau kekurangan. Sesungguhnya jiwa dan nilai moderasi beragama sudah ada dan me…
"...Pengajaran harus bersifat kebangsaan ... . Kalau pengajaran bagi anak-anak tidak berdasarkan kenasionalan, anak-anak tak mungkin mempunyai rasa cinta bangsa dan makin lama terpisah dari bangsanya, kemudian barangkali menjadi lawan kita ... . Pengajaran Nasional itulah hak dan kewajiban kita ..."
"Pendidikan nasional menurut paham Taman Siswa ialah pendidikan yang beralaskan garis hidup dari bangsanya (culturel - national) dan ditujukan untuk keperluan peri-kehidupan ( maatchapelijk) yang dapat mengangkut derajad negara dan rakyatnya, agar dapat bekerja bersama-sama dengan lain-lain bangsa untuk kemuliaan segena manusia di seluruh dunia".
"Pendidikan nasional menurut paham Taman Siswa ialah pendidikan yang beralaskan garis hidup dari bangsanya (culturel - national) dan ditujukan untuk keperluan peri-kehidupan ( maatchapelijk) yang dapat mengangkut derajad negara dan rakyatnya, agar dapat bekerja bersama-sama dengan lain-lain bangsa untuk kemuliaan segena manusia di seluruh dunia".
"...Pengajaran harus bersifat kebangsaan ... . Kalau pengajaran bagi anak-anak tidak berdasarkan kenasionalan, anak-anak tak mungkin mempunyai rasa cinta bangsa dan makin lama terpisah dari bangsanya, kemudian barangkali menjadi lawan kita ... . Pengajaran Nasional itulah hak dan kewajiban kita ..."
"...Pengajaran harus bersifat kebangsaan ... . Kalau pengajaran bagi anak-anak tidak berdasarkan kenasionalan, anak-anak tak mungkin mempunyai rasa cinta bangsa dan makin lama terpisah dari bangsanya, kemudian barangkali menjadi lawan kita ... . Pengajaran Nasional itulah hak dan kewajiban kita ..."
"Pendidikan nasional menurut paham Taman Siswa ialah pendidikan yang beralaskan garis hidup dari bangsanya (culturel - national) dan ditujukan untuk keperluan peri-kehidupan ( maatchapelijk) yang dapat mengangkut derajad negara dan rakyatnya, agar dapat bekerja bersama-sama dengan lain-lain bangsa untuk kemuliaan segena manusia di seluruh dunia".
"Pendidikan nasional menurut paham Taman Siswa ialah pendidikan yang beralaskan garis hidup dari bangsanya (culturel - national) dan ditujukan untuk keperluan peri-kehidupan ( maatchapelijk) yang dapat mengangkut derajad negara dan rakyatnya, agar dapat bekerja bersama-sama dengan lain-lain bangsa untuk kemuliaan segena manusia di seluruh dunia".
"...Pengajaran harus bersifat kebangsaan ... . Kalau pengajaran bagi anak-anak tidak berdasarkan kenasionalan, anak-anak tak mungkin mempunyai rasa cinta bangsa dan makin lama terpisah dari bangsanya, kemudian barangkali menjadi lawan kita ... . Pengajaran Nasional itulah hak dan kewajiban kita ..."